Header Ads

Waffen SS: Pasukan Elit Pengawal Hitler by Nino Oktorino

Konflik Bersejarah: Waffen SS - Pasukan Elit Pengawal Hitler

Pada paruh pertama bulan November 1925, supir Adolf Hitler, Julius Schreck, menyewa delapan orang pria bertubuh kekar untuk bertugas sebagai pengawal sang Führer. Mereka baru saja dibebaskan dari penjara yang sama di mana Hitler ditahan setelah kegagalan upaya kaum Nazi untuk menggulingkan pemerintah Negara bagian Bavaria delapan belas bulan sebelumnya. Para ukang pukul tambahan disewa empat minggu berikutnya. Dinamakan sebagai ’Stosstrup Adolf Hitler’, mereka ini  merupakan para pendiri Schutzstaffel, korps pengawal Partai Nazi yang lebih dikenal dengan singkatan SS. Dalam waktu singkat, mereka kemudian menjadi organisasi te ror yang sangat ditakuti maupun sebagai salah satu kekuatan politik, militer, dan ekonomi yang amat besar dalam sejarah Reich Ketiga. Pada saat Heinrich Himmler, seorang prajurit yang gagal dan bekas peternak ayam berwajah lembut, menjadi pemimpinnya pada tahun 1929, organisasi itu baru beranggotakan 280 orang.

Baca juga



Pihak SS juga memegang kendali atas berbagai jawatan kepolisian di seluruh Jerman dan wilayah pendudukannya. Sekitar 40.000 penjaga SS mengoperasikan kamp-kamp kerja paksa, konsentrasi, dan pemusnahan Nazi. Berbagai jawatan lainnya melakukan penelitian genealogi untuk meningkatkan kualitas rasial bangsa Jerman; mengeluarkan izin pernikahan bagi para anggota SS; mengelola berbagai rumah persalinan secara gratis demi menghasilkan suatu ras pemimpin; memiliki dan mengelola ratusan industri, mulai dari penggalian batu hingga pabrik porselen dan pembuatan roti; menerbitkan surat kabar serta mengelola serangkaian pengadilannya sendiri. Namun dinas SS yang paling dikasihi oleh Himmler ”seakan-akan anaknya sendiri,” demikian kenang seorang rekannya adalah apa yang kemudian dikenal sebagai Waffen-SS (SS Bersenjata).

Detail Buku:

Judul         : Waffen SS: Pasukan Elit Pengawal Hitler
Penulis      : Nino Oktorino
Penerbit     : PT Elex Media Komputindo
ISBN         :978-602-02-1741-3
Tebal         :
-

Itulah sekelumit sinospis yang diangkat dalam novel “ Waffen SS: Pasukan Elit Pengawal Hitler “, karya terbaru Nino Oktorino. Untuk mendownload novel  “  Waffen SS: Pasukan Elit Pengawal Hitler “ karya Nino Oktorino silahkan klik di sini.

Terima kasih telah membaca “  Waffen SS: Pasukan Elit Pengawal Hitler “, untuk ebook, buku, novel dan karya menarik yang lainnya, silahkan kunjungi di sini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.