Header Ads

Nazi di Indonesia: Sebuah Sejarah yang Terlupakan by Nino Oktorino

Nazi di Indonesia

Pada dini hari tanggal 10 Mei 1940, Hitler mengirimkan pa sukannya untuk menyerang Negeri Belanda yang netral guna mengepung Prancis. Ratu Wilhelmina serta kabinet Per dana Menteri Dirk Jan de Geer mengungsi ke London, dan pa da tanggal 15 Mei 1940, tentara Belanda terpaksa menyerah setelah Luftwaff e menghancurleburkan kota Rotterdam. Ja tuh nya Ne geri Belanda ini menimbulkan goncangan dan tanda ta nya besar mengenai nasib wilayah jajahannya, terutama Hin dia Ti mur Belanda yang memiliki sumber kekayaan alam yang be sar itu. Di Hindia Belanda, berita mengenai penyerbuan dan pendudukan Negeri Belanda mengundang berbagai macam reaksi di kalangan penduduk negeri itu. Pada hari penyerbuan, Gubernur Jenderal Jhr. Mr. A.W.L. Tjarda van Starkenborgh Statchouwer mengumumkan keadaan darurat bagi Hindia Be landa. Pembalasan Belanda Salah satu tindakan pertama yang diambil pemerintah kolonial berkaitan dengan hal itu adalah melakukan tindakan balasan terhadap orang-orang Jerman yang tinggal di Hindia Belanda. Konsulat jenderal Jer man di Batavia diduduki oleh polisi

Baca juga



Di seluruh Hindia Belanda, di bawah kata sandi ”Berlin”, polisi menangkapi dan menahan orang-orang Jerman yang hi d up terpencar-pencar. Beberapa di antara mereka memang me rupakan pengikut Nazi, tetapi kebanyakan merupakan orang-orang biasa yang tidak mengerti politik atau, bahkan, me rupakan penentang rezim Hitler. Namun pemerintah colonial Belanda tidak membuat kekecualian, tidak juga terhadap pembantu rumah tangga istana yang berkebangsaan Jerman. Orang-orang Jerman itu diperintahkan untuk mengisi kopor dengan pakaian dan keperluan kecil lainnya dan dikirim keber bagai kamp konsentrasi. Perasaan anti-Jerman setelah penyerbuan Nazi ke Belanda sendiri boleh dikatakan berbalik 180 derajat dari hubungan mesra an tara orang Jerman dan Belanda sebelumnya.

Detail Buku:

Judul         : Nazi di Indonesia – Sebuah Sejarah yang Terlupakan
Penulis      :
NinoOktorino
Penerbit     : PT Elex Media Komputindo
ISBN         :978-602-02-6053-2
Tebal         :
-

Itulah sekelumit sinospis yang diangkat dalam novel “ Nazi di Indonesia “, karya terbaru Nino Oktorino. Untuk mendownload novel  “  Nazi di Indonesia “ karya Nino Oktorino silahkan klik di sini.

Terima kasih telah membaca “  Nazi di Indonesia “, untuk ebook, buku, novel dan karya menarik yang lainnya, silahkan kunjungi di sini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.