Header Ads

Orang-orang Proyek by Ahmad Tohari

Orang-orang Proyek by Ahmad Tohari

Pagi ini Sungai Cibawor kelihatan letih. Tiga hari yang lalu h jan deras di hulu membuat sungai ini banjir besar. Untung sudah jadi watak sungai pegunungan, banjir yang terjadi berlangsung cepat. Air yang semula jernih mulai mengeruh di pagi hari, meninggi dan segera menggelora se tengah jam kemudian. Cibawor seperti sedang digelontor dari hulu dengan bah besar yang pekat berlumpur serta membawa segala macam sampah, dari sandal karet, bekas botol plastik, batang pisang, sampai batang mahoni. Banjir kali ini memang besar. Setelah air surut hanya beberapa jam kemudian, banyak sampah tersangkut di ranting pepohonan. Pada tebing yang curam tampak rerumpuan dan pakis-pakisan tercerabut oleh derasnya air. Dinding cadas yang tergerus. Pada bantaran yang landai,banjir telah menutup hamparan lahan pertanian dengan lumpur, batu, dan pasir. Ada pohon cangkring roboh karena tanah miring tempatnya berpijak longsor. Akarnya mencuat keatas seperti tangan-tangan yang ingin menggapai sesuatu untuk bertahan. Tapi pohon mbulu itu masih kukuh di sana

Baca juga



Pada saat demikian, pemancing tua itu merasa dirinya benar-benar hadir dan ikut berdenyut dengan alam di sekitarnya. Tapi pagi ini lelaki tua itu tampak ragu. Dia tidak segera memasang pancingnya lalu duduk di batu seperti biasa. Dia tetap berdiri dan menatap ke permukaan air. Mengernyitkan  lis, lalu menurunkan kantong perkakas lusuh yang disandangnya. Duduk di atas batu pada tempat yang paling nyaman lalu mengeluarkan sesuatu dari kantong lusuhnya. Bukan pancing melainkan seruling bambu. Sementara pancingnya tetap tinggal dalam kantong. ”Kukira air sudah kembali jernih, ternyata masih keruh,” gumam lelaki itu, mungkin kepada burung-burung emprit di atas kepalanya. ”Kalau air masih keruh seperti ini, percuma saja aku memasang pancing.” Lalu dengan jarinya yang tampak kering lelaki itu mengatur cincin serulingnya. Dengan menekan cincin yang terbuat dari serpih bambu itu lebih dalam, dia ingin membuat suara serulingnya selirih mungkin.

Detail Buku:

Judul         : Orang-Orang Proyek
Penulis      :
Ahmad Tohari
Penerbit     : PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN         :978 - 602 - 03 - 2059 - 5
Tebal         :
256 hlm

Itulah sekelumit sinospis yang diangkat dalam novel “ Orang-Orang Proyek “, karya terbaru Ahmad Tohari. Untuk mendownload novel  “  Orang-Orang Proyek “ karya Ahmad Tohari silahkan klik di sini.

Terima kasih telah membaca “  Orang-Orang Proyek “, untuk ebook, buku, novel dan karya menarik yang lainnya, silahkan kunjungi di sini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.