Header Ads

Catatan Pinggir 5 by Goenawan Mohamad


 Catatan Pinggir 5 by Goenawan Mohamad

Kumpulan tulisan Goenawan Mohamad di majalah Suara Independen, D&R, Tempo dan Tempo Interaktif, Desember 1994 - Juli 2001. Pertanyaan tentang tubuh adalah salah satu dari sekian banyak pokok yang diangkat Goenawan Mohamad dalam Catatan Pinggir jilid 5. Adalah seni Goenawan Mohamad bahwa ia dapat membuat pertanyaan seabstrak pertanyaan tentang relevansi tubuh menjadi rangsangan pemikiran kita. Dan ia memang tak pernah menyediakan, atau menawarkan, apalagi mendesakkan sebuah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang dimunculkannya. Ia akan meninggalkan kita bergulat dengan pertanyaan-pertanyaan, bak anjing diberi tulang besar untuk dikerjakan berhari-hari lamanya.

Baca Juga


Itulah ciri khas pemikiran Goenawan Mohamad yang karena itu memang sangat cocok dicetuskan dalam bentuk aforisme, catatan pendek-pendek: Ia membikin memang terus menerus mengoreksi kita. Tetapi bukan dengan menunjukkan bahwa kita keliru. Melainkan dengan membuat kita menjadi sadar bahwa cakrawala kita, wawasan kita tidak memadai. Bahwa untuk mencari sikap terhadap apa yang kita hadapi dalam hidup, wawasan hitam-putih tidak cukup. Bahwa masih ada dimensi atau sudut pandang lain yang harus diperhatikan. Bahwa kesalahan kita bukan sebuah kekeliruan, melainkan kepicikan. Bahwa kita dibelenggu oleh apriori-apriori yang mempersempit persepsi kita.

Detail Buku:

Judul: Catatan Pinggir Jilid 5
Penerbit: Tempo, 2012
ISBN: 9789799065476
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 699 halaman

Itulah sekelumit sinospis yang diangkat dalam novel “ Catatan Pinggir 5 “, karya terbaru Goenawan Mohamad. Untuk mendownload novel  “  Catatan Pinggir 5 “ karya Goenawan Mohamad silahkan klik di sini.

Terima kasih telah membaca “  Catatan Pinggir 5 “, untuk ebook, buku, novel dan karya menarik yang lainnya, silahkan kunjungi disini

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.